Al Qur’an adalah pedoman utama bagi seorang muslim dalam meniti jalan hidupnya. Di dalamnya, terdapat kisah-kisah dan petunjuk jalan yang bila dipegang teguh, niscaya akan mengantarkan pada keselamatan dunia dan akhirat.

Membacanya saja akan diganjar oleh Allah Subhanahu wata’ala dengan 1 kebaikan yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan, untuk tiap huruf yang dibaca. Apalagi, pahala bagi yang orang yang menghafal Al Qur’an.

Banyak sekali Keutamaan Menghafal AlQuran, antara lain:

  • Menjadi Keluarga Allah SWT
    Ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA:
    Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia. Sahabat bertanya, “Siapa mereka, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: Mereka adalah Ahli Al Qur’an. Mereka keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.”
  • Mendapat Penghormatan dari Rasulullah SAW
    Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Tirmidzi dan Nasa’i, Rasulullah memilih pemimpin utusan dari sahabat yang memiliki hafalan yang terbanyak, walaupun usianya lebih muda dari anggota rombongan yang lain. Selaras pula dengan apa yang dikisahkan dalam hadits riwayat Bukhari, ketika Rasulullah ingin memakamkan syuhada perang Uhud pun, Beliau mengutamakan pemakaman sahabat yang lebih banyak hafalan Al Qur’annya.
  • Mendapatkan Tempat yang Tinggi di Surga
    Sebagaimana dikatakan oleh sebuah hadits riwayat Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Hibban:
    “Nanti akan dikatakan kepada orang yang membaca (menghafal) Al-Qur’an, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah seperti engkau mentartilnya di dunia dulu, karena tempat kedudukanmu ada pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).”
  • Mendapat Syafaat dari Al Qur’an
    Jaminan syafaat ini tertulis dalam hadits: “Bacalah Al-Qur’an, karena Al-Quran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim: 1910). Selain itu, penghafal Al Qur’an juga bisa memberikan syafaat kepada 10 keluarganya hari akhir. Sebagaimana hadits: Dari sayyidina Ali Ra, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Quran dan menghapalnya, dan menghalalkan apa yang dihalalkannya serta mengharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah SWT akan memasukannya ke surga dan akan menerima syafaatnya untuk sepuluh orang keluarganya yang wajib masuk neraka.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Darami)
  • Mendapatkan Mahkota Kemuliaan di Hari Akhir
    Al-Quran akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan.” Lalu Allah berikan seorang hafizh Al-Quran mahkota kemuliaan. Al-Quran meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.” Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia.” Allah-pun meridhainya. Lalu dikatakan kepada hafizh Qur’an, “Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca.” (HR. Tirmidzi 3164 dan beliau menilai Hasan shahih)
  • Membahagiakan Orang Tua
    Rasulullah SAW berkata: “Barang siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajari, dan mengamalkannya, akan dipakaikan kepadanya mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya bagaikan cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tak pernah diijumpai di dunia. Orang tuanya lalu bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini? kemudian dijawab, “Karena kalian memerintahkan anak kalian mempelajari Al Qur’an” (HR. Al Hakim).

Yang tak kalah penting dari poin-poin di atas, Allah SWT pun akan memberi limpahan keberkahan bagi kehidupan para penghafal Al Qur’an di dunia, bukan hanya di akhirat semata. Yang demikian ditegaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi: “Siapa saja yang dirinya disibukkan dengan Al Qur’an dan dzikir, sehingga dia tidak sempat meminta, maka Aku akan memberikannya yang lebih utama daripada yang aku berikan kepada orang yang meminta.” (HR Abu Dawud)

Tidak hanya yang Menghafal, Orang-Orang yang membantu orang lain Belajar AlQuran juga mendapatkan pahala yang tidak kalah Dahsyatnya, karena dengan dibantu operasionalnya, Sekolah Tahfidz bisa berjalan dengan baik, anak-anak bisa menghafal dengan nyaman.

Ayo ikut Beramal Jariyah untuk Sekolah Tahfidz Anak dan Remaja (STAR) Ekselensia, Insya Allah Pahala akan selalu mengalir kepada bapak ibu. STAR Ekselensia adalah Sekolah Tahfidz dan Tempat Belajar untuk Anak dan Remaja kerjasama antara Yayasan AMPM dan Dompet Dhuafa Kepri. Sekolah Tahfidz ini Sistem Subsidi Silang, Berbayar untuk yang Mampu dan Gratis untuk Dhuafa/Tidak Mampu

.

Mari, berikan infak terbaik untuk Program Sekolah Tahfidz ini dengan cara:

-Klik “DONASI SEKARANG”

-Masukkan nominal Donasi Terbaik

-Pilih Metode Pembayaran 

-Segera transfer sesuai nominal yang tertera

Terima kasih, Sahabat Baik! Teruslah Berbagi Kebaikan kepada Sesama.

Salam Berbagi,

Dompet Dhuafa Kepri

    Belum ada update baru

16 Jun 2021

Hamba Allah

"Semoga bermanfaat"

Rp 20.026

6 May 2021

Hamba Allah
Rp 150.170